Friday, November 16, 2012

Off The Beaten Track Trip to Baduy

YAAAAAAYYY...
Akhirnya jadi juga nih ke Baduy setelah pergulatan pergalauan yang bikin gundah gulana... Sehari sebelum keberangkatan, ada 'kelas' tambahan dari dosen senior tercinta, Pak Felix. Kalau orang belum kenal banget, pasti mengira beliau adalah orang aneh dilihat dari pakaian yang selalu beliau pakai. Ternyata eh ternyata, katanya beliau pernah dihukum di Baduy karena melanggar aturan yang diterapkan di Baduy. Penasaran ya tampilannya begimana?? Cari aja di Mbah Gugel, Baduy tuh kayak begimana.. Nah, kira-kira begitulah tampilan beliau, tapi lebih sedikit modern...
Mau ke Baduy, harus ke Lebak, Banten dulu. Turun di Ciboleger, nah dari situlah kita HARUS berjalan kaki sampe ke Baduy Luar.. Barang bawaan berat? Tenaaang, minta orang Baduy aja untuk bawain barang kita... Hati-hati sama 'calo' porter di terminal, hati-hati aja
Jangan sok jagoan di sini, biasa barang berat? Ga apa-apa sih kalo bawa sendiri, tapi tracknya itu loh, ga nahan deh...
Dari Ciboleger sampai Babakan Gajeboh (tempat dimana biasanya para pengunjung menginap) memakan waktu 1,5jam.. Bener-bener mendaki gunung lewati lembah sungai mengalir indah!
On The Way to Babakan Gajeboh
Liat adek kecil yang di foto? Nah, dia namanya Sarnata. Yang di sampingnya itu bapaknya.. Umurnya 7 tahun, kata bapaknya, dia selalu pengin ikut kalau ada pengunjung.. Jadi, dia selalu ngikut bapaknya jalan kaki kemana-mana.. Lincah banget anaknya!! Lagi turunan aja, dia loncat-loncat kegirangan.. Sedangkan gw, cuman bisa ketakutan
Suasana Kampung Babakan Gajeboh
Karena sesampainya di Babakan Gajeboh itu sore hari, gw sih milih santai-santai cantik di rumah. Tiada kasur, tapi bantal ada. Yah lumayan lah daripada lumanyun kan. Besok pagi harus udah jalan lagi ke BADUY DALAM dengan estimasi 4 jam perjalanan.. Gw ulangi, 4 JAM PERJALANAN KAKI Dengernya aja udah nyerah deh beneran (itu gw, gatau sih kalo yang lain)
READY TO GO TO BADUY DALAM
Perjalanan menuju Cibeo, ditemani para orang Kanekes (Baduy).. Beberapa ada yang bawa barang-barang kita ke bis di terminal Ciboleger..
Dan tidak terasa, sudah sejam perjalanan kaki, baru sampai jembatan.. Dan bisa kita liat perjalanan kita selanjutnya..
Perjalanan mendaki gunung selanjutnya
GILAAAAAAAAAA!!! Liat dari jauh aja udah down duluan.. Ampun deh asli... Ga kuat liatnya.. Tolong, kamera mana kamera?? Saya ga kuat...
Tapi kita tak boleh menyerah!! Kita harus tetap semangat!! Karena ini masih belum ada setengah perjalanan.. Eh terus tiba-tiba, yang tadi pada bawain barang ke bis udah nyusul kita aja... SERIUS, GA BOHONG!! Mereka udah nyusul lagi!! Mereka abis terbang katanya tadi makanya cepeett.. BUSET, dengan track super susah ini, mereka bolak-balik aja cuman sejam, pake bisa nyusulin yang lagi jalan ke Baduy Dalam pula...
Sejujurnya, gw udah ga sanggup jalan lagi.. Kaki udah mati rasa, kekilir-kilir tapi ga gw rasa-rasa biar ga nyusahin orang.. Biarlah gw menyusahkan yang lain dengan berjalan lambat
Bener kata Ayah gw, pake tas aja berat, apalagi pake baju, rasanya ingin lepas saja semuanya!!! HOAAAAAHH........... Betapa hebatnya para orang Baduy ini....
Jalanan yang tadi diliat dari kejauhan
Setelah berjalan terseok-seok... Akhirnya sampai juga di Cibeo jam setengah satu.. Total 4,5 jam perjalanan kaki.. Sungguh tak sanggup.. Mengambil momen dengan kamera pun sudah tak sanggup.. Rasanya ingin langsung terbang saja ke Ciboleger.. Istirahat sejenak dulu di Cibeo...
Jam 2, rombongan siap-siap pulang ke Ciboleger ditemani para orang-orang Baduy.. Sayang sekali, HUJAN! IYA HUJAN!! Track bakal lebih sulit dari biasanya.. Estimasi perjalanan pulang tuh 2 jam... Kata orang baduy, jam 6 pun kayaknya ga mungkin sampe di Ciboleger 
Berusaha semangat dengan semuanya, namun aku tak sanggup lagi ,gw tertinggal rombongan.. 
Tiada henti gw bertanya, seperti 'Kapan sampe?', 'Masih jauh?', 'Ada berapa tanjakan lagi?'.. Sumpah... Tanjakannya itu bener-bener curam, apalagi turunannya.. Mana hujan, kan berlumpur-lumpur.. Udah pasrah.
Belum setengah perjalanan, untungnya hujan berhenti.. Betapa gerahnya di kala berjalan kaki memakai jas hujan di kala hujan, badan udah bercampur keringat+air hujan yang netes-netes licik dari jas hujan...
Jam 6an, rombongan terbelakang baru sampai di Ciboleger, dimana yang lain sudah pada asik-asik santai-santai makan-makan, bahkan ada yang sudah mandi.. Sungguh rasanya tidak sanggup bergerak.. Liat bis itu rasanya pengen langsung terbang ke Bandung... Betapa ajaibnya orang Baduy ini 


No comments:

Post a Comment