Tuesday, October 07, 2014

Makan Belalang Goreng

Katanya, yang digoreng-goreng itu enak, apalagi kalo krenyes-krenyes alias renyah dikunyah. Gue membayangkan kulit ayam goreng yang super renyah, aduuh ga tahan deh. Tapi, apa kabar kalo ngebayangin makan yang namanya belalang goreng? Duh, gue membayangkannya aja jijik setengah mati.
Jangan salah, belalang goreng juga dijual di Indonesia, bukan hanya Thailand yang punya kuliner ekstrim. Kalo di Indonesia, kita bisa nemuin di sepanjang jalan menuju pantai di Gunung Kidul, Wonosari, Yogyakarta.
Ada yang jual perplastik, ada juga yang jual pertoples. Harga yang dibungkus plastik itu Rp15.000, kalo yang di toples harganya Rp25.000.
Jadi, ceritanya, gue pernah ke pantai di Gunung Kidul sama pacar, dan baliknya nemuin yang jualan belalang goreng. Kan penasaran, tuh. Tapi, karena suatu hal dan berbagai macam pertimbangan, saat itu kami engga berhenti untuk beli belalang goreng. Nah, baru-baru ini gue kembali menginjak tanah Gunung Kidul, dan gue memutuskan untuk memuaskan rasa penasaran pacar gue dengan membeli belalang goreng. Niat awalnya mau beli (agak) banyak, tapi entah kenapa gue merasa ragu untuk membeli banyak, jadi gue hanya membeli 2 bungkus aja. Lagian, liat bungkusnya aja gue udah bergidik ngeri, gimana mau beli banyak.
Belalang Goreng
Tuh, liat aja sendiri gambarnya. Jijik. Gue ngebayanginnya itu semacam kecoa. AARGH! Apalagi pas gue mau ngasihin belalang ini ke pacar untuk dia makan, dia naro di tas gue dan gue mau ambil dompet di tas gue sampe gue lempar tuh tas karena liat bungkusan belalang ini.
BTW, kakak gue juga sempet nyobain belalang goreng ini, dia bilang 'Enak, renyah, garing, cuman kakinya yang tajem'. Dia pun ketagihan pengen belalang lagi. Astaga!
video
Selamat menikmati videonya (seadanya).
Ohya, kakak gue waktu beli sempet nanya khasiat si belalang goreng ke penjualnya, dan coba tebak apa jawabannya???!
"ENGGA ADA KHASIAT"
Gue ga percaya kalimat jawaban itu, karena sebelumnya pernah denger akan khasiat si belalang goreng. Setelah browsing di internet, ketemu jawabannya.
"Dapat memanfaatkan belalang untuk membantu memenuhi kecukupan protein, zat yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan." (Sumber: Kompas)
Salam kuliner ekstrim!

2 comments:

  1. Hahaha...lo ga nyobain pi? entah kenapa gw geleuh ya klo serangga..
    Padahal makan cacing tanpa dimasak ga kenapa-kenapa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw jijik liatnya... Kayak liat kecoa... Ahh anti makan-makan ekstrim...

      Delete