Saturday, February 14, 2015

Suatu Sore di Alun-Alun Bandung

Dulu, gue sempet berasa bingung kalau mau cari udara segar mesti kemana selama tinggal di Bandung. Selain karena isinya mall semua, kalaupun ada taman, pasti isinya ya gitu-gitu aja alias engga begitu menarik untuk dikunjungi. Ini bukan karena a die hard fans of Ridwan Kamil, tapi beneran, semenjak beliau jadi walikota, banyak perubahan di Kota Bandung. Sempet merantau di pulau seberang sambil liatin berita di media sosial mengenai Bandung terkini semenjak pemerintahan beliau, bikin rindu Bandung. Sewaktu balik ke Bandung, ngeliat Pasupati ada lampunya aja gue merasa norak, kegirangan waktu liat langsung ke TKP. Liat Gedung Sate ada lampu-lampunya aja gue kegirangan. Apalagi sekarang-sekarang taman-taman bermunculan dengan tema-tema berbeda. Gue emang belum sempet nyicip taman-taman tematiknya, tapi baru beberapa saat lalu nyicipin ke Alun-Alun Bandung yang sempet jadi bahan pergunjingan karena pake rumput sintetis.
Masjid Raya Bandung
Sering liat penampakkan wajah baru Alun-Alun Bandung, pingin rasanya ke sana. Kebetulan lagi iseng di daerah Banceuy, sekalian aja mampir ke Alun-Alun Bandung. Sungguh, takjub. Keren banget. Dikirain bakal penuh banget apa gimana (imajinasi lebay), taunya engga begitu penuh, rame. Beda banget sama keadaan sebelum sekarang, penuh sama yang jualan, jalan di sekitar situ aja bikin waswas. Namun, dengan wajah barunya, jadi lebih 'segar', yaah tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata.
Bisa diliat dari foto-foto yang gue ambil saat itu. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh orang-orang di sini bener-bener terpancar kebahagiaan. Bocah-bocah bermain bola, berkumpul bersama keluarga/teman/pacar/selingkuhan/siapapun itu, foto-fotoan, dan berbagai macam aktivitas lainnya. Gue ngerasanya bukan kayak di Bandung. Dulu, gue pernah merasa malu untuk berfoto-foto di tempat favorit wisatawan di Bandung, tapi untuk kali ini, boro-boro malu, yang ada malah bangga dan seneng. Dipikir-pikir, negara tetangga cuman punya patung singa, tapi orang-orang demen banget foto di situ buat sekedar menunjukkan "Nih gue di negara tetangga", padahal di sini lebih banyak yang lebih bagus dan menarik. Promosi Indonesia kan bisa dimulai dari diri sendiri (lah, malah nyambung ke sini! Hahaha).
Masalah rumput sintetis di sini, gue fine-fine aja, kok. Rumput-rumputnya engga nempel-nempel di kaki dan tajem kayak di lapangan futsal. Waktu ke sini pun, lagi hujan rintik, dan engga gitu basah rumputnya. Cuman, sayang aja, di beberapa spot ada genangan air yang menurut gue itu bikin kurang nyaman untuk melangkahkan kaki.
Wefie dulu, dong!
Dulu, pernah bermimpi "Bandung mesti punya banyak lapangan terbuka, kasian bocah-bocah main bola di jalanan, kan berbahaya.", semoga dengan adanya Ridwan Kamil, mimpi gue jadi kenyataan dengan ide-ide kreatifnya. Gue seneng banget liat bocah main bola di Alun-Alun Bandung, sungguh.
Nuhun, Kang Emil!

No comments:

Post a Comment